Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Hj. Anna Lasmanah Soemitro Kolopaking Banjarnegara

XML
Pengarang
Edy Setiyanto - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang, sejalan dengan perkembangan dan persaingan Rumah Sakit yang ada, pada akhirnya kepuasan pelanggan saja tidak cukup. Hal ini karena kualitas pelayanan yang baik dari Rumah Sakit akan menciptakan kepuasan kepada pemakai jasa sesuatu Rumah Sakit, adanya pemakai jasa Rumah Sakit maka hal ini sangat menguntungkan bagi Rumah Sakit apalagi Pasien mau menceritakan pengalamannya selama di Rumah Sakit tersebut kepada pihak lain, Mirah Ayu.

Tujuan Penelitian, untuk mengidentifikasi hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien.

Metode Penelitian, penelitian ini mengunakan Survey Analitik dengan mengunakan studi cross sectional, Sampel yang dipakai adalah probability sampling dengan metode simple random sampling yang berjumlah 188 dari total populasi 368 dengan 2 (dua) variabel yaitu kualitas pelayanan Rumah Sakit sebagai variable bebas dan kepuasan pasien Rumah Sakit sebagai variable terikat. Instrumen penelitian menggunakan skala guttman, teknik analisa data menggunakan analisa Univariat dan analisa Bivariot dengan chi sguare.

Hasil Penelitian, Berdasarkan hasil uji analisa Univariat dari instrument kursioner chek list yang terdiri dari 2 (dua) variable yaitu kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Hj. Anna Lasmanah Soemitro Kolopaking Banjarnegara yang meliputi sub variable pendaftaran, Dokter, Perawat, Makanan dan Menu, Kenyamanan dan Kebersihan, Sarana Medik, Administrasi dan Keuangan. Hasil analisis Bivariat uji korelasi chi seguare ( X2) nilai X2 = 17.250 ( nilai X2 hitung> nilai X2 tabel) dengan df = 1 p value = 0,016 ( < 0,005 ) n = 188, analisa contingency coefisien memiliki c = 0,695 (69,5 %).

Kesimpulan, Kualitas pelayanan berhubungan dengan kepuasan pasien diruang rawat inap rumah sakit Hj.Anna Lasmanah Soemitro Kolopaking Banjarnegara.
Kepuasan Pasien
Kualitas pelayanan
Ruang Rawat Inap

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=355
APA Citation
Edy Setiyanto. (2014). Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Hj. Anna Lasmanah Soemitro Kolopaking Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/