Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN UMUR DAN MASA KERJA KARYAWATI DENGAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA PEMBUAT BULU MATA PALSU DI DESA KERTANEGARA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA

XML
Pengarang
Eka Susanti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Nyeri punggung bawah merupakan suatu sindroma klinik yang ditandai dengan gejala utama nyeri atau perasaan lain yang tidak nyaman di daerah tulang punggung bagian bawah. Faktor resiko paling sering menimbulkan nyeri punggung bawah pada pekerja pembuat bulu mata palsu adalah usia produktif pekerja antara 20 tahun sampai 40 tahun dan lama masa kerja yang lebih dari 5 tahun.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan umur dan masa kerja karyawati dengan keluhan low back pain pada pembuat bulu mata palsu di Desa Kertanegara Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga yang dilakukan pada Februari 2015.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian asosiasi atau explanatory dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang digunakan pada 50 responden pembuat bulu mata palsu. Analisis data yang digunkan adalah dengan menggunakan Spearman Rank.

Hasil penelitian uji korelasi dengan analisis spearman Rank dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai p=0,000 sehingga p<0,05 dan dinyatakan Ho ditolak.

Dari hasil analisis tersebut maka dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan umur dan masa kerja karyawati dengan keluhan low back pain pada pembuat bulu mata palsu di Desa Kertanegara Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga.
nyeri punggung bawah
umur dan masa kerja
Low Back Pain
Age and Working Period

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=378
APA Citation
Eka Susanti. (2015). HUBUNGAN UMUR DAN MASA KERJA KARYAWATI DENGAN KELUHAN LOW BACK PAIN PADA PEMBUAT BULU MATA PALSU DI DESA KERTANEGARA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/