Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia 9-12 Tahun Dalam Menghadapi Circumsisi Di Klinik Pengobatan Kusuma Kalibagor

XML
Pengarang
Elmaris Boru Sitepu - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Circumsisi merupakan tindakan memotong sebagian atau seluruh kulit depan penis atau prepetium yang biasanya dilakukan pada usia anak sekolah dasar 7-12 tahun, circumsisi juga menjadi salah satu yang dapat menimbulkan kecemasan. Kecemasan diartikan emosi yang ditimbulkan oleh rasa takut. Untuk menurunkan kecemasan tersebut maka diperlukan komunikasi yang terapeutik, dimana komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan dan dilakukan untuk membantu klien beradaptasi terhadap stress, mengatasi gangguan psikologi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi terapeutik terhadap tingkat kecemasan anak usia 9-12 tahun dalam menghadapi circumsisi.

Desain penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan pendekatan post test only control group design. Sampel menggunakan teknik accindental sampling. Didapatkan 46 responden. Kuesioner yang digunakan yaitu Zung Self-Rating Anxiety Scale. Komunikasi terapeutik ini diberikan kepada pasien selama dilakukannya circumsisi.Penelitian ini mengunakan uji Mann Whitney U.

Dari hasil penelitian yang diberikan komunikasi terapeutik 23 responden sebagian besar 28,3% mengalami cemas ringan, dan yang tidak diberikan komunikasi terapeutik sebagian besar 28,3% mengalami cemas sedang, setelah dilakukan uji Mann Whitney didapatkan hasil nilai signifikan Q= 72.500 , P=0,00 < 0,55. Ha diterima.

Ada pengaruh komunikasi terapeutik terhadap tingkat kecemasan anak usia 9-12 tahun dalam menghadapi circumsisi.
Tingkat Kecemasan
Komunikasi terapeutik
Circumsisi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=388
APA Citation
Elmaris Boru Sitepu. (2013). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia 9-12 Tahun Dalam Menghadapi Circumsisi Di Klinik Pengobatan Kusuma Kalibagor. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/