Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

STUDI PREVALENSI DAN KAJIAN FAKTOR RISIKO EMPTY NEST SYNDROME PADA LANSIA DI DESA TAMBAKSARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

XML
Pengarang
Eni Fitriani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Empty nest syndrome merupakan suatu istilah yang menggambarkan kondisi psikologi dan emosi yang sebagian besar dialami oleh wanita karena lansia belum siap menghadapi berbagai perubahan yang terjadi pada masa lansia, seperti berpisahan dengan anaknya karena menikah atau bekerja sehingga sudah tidak tinggal bersama dengan orang tua. Beberapa faktor resiko Empty nest syndrome dalam penelitian ini adalah komunikasi dengan anak dan dukungan sosial.

Penelitian ini bertujuan mengetahui prevalensi kejadian dan faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian Empty Nest Syndrome pada lansia wanita di Desa Tambaksari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.

Jenis penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 59 lansia wanita. Cara pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi dan uji Chi Square.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa komunikasi dengan anak dan dukungan sosial memiliki hubungan dengan kejadian Empty Nest Syndrome pada lansia di Desa Tambaksari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas dengan masing-masing (p = 0,001). Asuhan keperawatan keluarga pada lansia dilakukan dengan melibatkan anggota keluarga untuk memberikan dukungan yang diperlukan pada lansia.
lansia
elderly
Empty Nest Syndrome
komunikasi
dukungan sosial
communication
social support

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=400
APA Citation
Eni Fitriani. (2015). STUDI PREVALENSI DAN KAJIAN FAKTOR RISIKO EMPTY NEST SYNDROME PADA LANSIA DI DESA TAMBAKSARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/