Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Asfiksia Neonatorum Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2012

XML
Pengarang
Erni Purwati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Asfiksia neonatorum adalah suatu keadaan bayi tidak dapat bernafas secara spontan setelah lahir. Hal ini berhubungan dengan faktor-faktor yang timbul dalam kehamilan, persalinan, atau segera setelah lahir, bila berlangsung terlalu jauh dapat mengakibatkan kerusakan otak atau kematian. Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo padatahun 2011terdapat 614 kejadian asfiksia dengan 48 kasus meningggal (7,8%) dan pada tahun 2012 terdapat 475 kejadiandengan 40 kasus meninggal (8,42%).

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian iniseluruh bayi baru lahir yang mengalami asfiksia neonatrum di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2012, teknik pengambilan sampel dengan purposive samplingyaitu 82 responden.

Sebagian besar mengalami asfiksia sedang sebanyak 41 responden (50%).Berdasarkan umur ibu sebagian besar responden berumur < 20 tahundengan kejadian asfiksia sedang 15 responden (44,1%).Berdasarkanberat badan lahir sebagian besar responden dengan berat badan lahir rendah dengan kejadian asfiksia sedang 21 responden (52,5%).BerdasarkanKPD sebagian besar responden mengalami KPD dengan kejadian asfiksia sedang 34 responden (51,5%). Berdasarkanpersalinan sebagian besar responden bersalindengan tindakan dengan kejadian asfiksia sedang 28 responden (47,5%). Berdasarkanfaktor neonatus sebagian besar bayi responden prematur dengan kejadian asfiksia sedang 21 responden (48,8%).

Kesimpulan penelitian ini adalah gambaranfaktor-faktor yang mempengaruhi asfiksia neonatorum di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjotahun 2012 sebagianbesar mengalami asfiksia sedang sebanyak 41 responden (50 %).
asfiksia
umur ibu
berat badan lahir
ketuban pecah dini (KPD)
jenis persalinan
prematur

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=419
APA Citation
Erni Purwati. (2013). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Asfiksia Neonatorum Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Tahun 2012. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/