Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Perbedaan Efektifitas Kompres Dahi Dengan Kompres Aksila Terhadap Suhu Tubuh Pada Pasien Typoid Abdominalis Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Eta Purwatiningsih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Thypoid Abdominalis merupakan penyakit infeksi akut yang biasanya terdapat pada saluran pencernaan (usus halus) dengan gejala demam satu minggu atau lebih disertai gangguan pada saluran pencernaan dan dengan atau tanpa gangguan kesadaran. Dengan terapi kompres, akan merangsang hipotalamus dan akan merangsang vasodilatasi sehingga suhu tubuh akan menurun.

Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan efektifitas kompres dahi dengan kompres aksila terhadap suhu tubuh pada pasien Thypoid Abdominalis di RSUD Prof.Dr.Margono Soekarjo Purwokerto.

Metode : Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pre and post design yaitu dengan melakukan observasi pengukuran suhu tubuh sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan Concecutive Sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 20 pasien Thypoid. Pengolahan data analisis bivariat menggunakan uji paired t-test dan t-independent.

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan uji statistik paired test di dapatkan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05), t hitung> t tabel = 1,83, sedangkan uji statistik t-independent nilai p sebesar 0,000(p<0,05), t hitung = 2,22> t tabel = 1,73..

Kesimpulan : Ada perbedaan suhu tubuh sebelum dan sesudah dilakukan kompres dahi maupun kompres aksila pada pasien Thypoid abdominalis dan ada perbedaan efektifitas kompres dahi dengan kompres aksila terhada suhu tubuh pada pasien thypoid abdominalis di RSUD Prof .Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Kompres aksila
Suhu tubuh
Kompres dahi
Thypoid Abdominalis

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=430
APA Citation
Eta Purwatiningsih. (2013). Perbedaan Efektifitas Kompres Dahi Dengan Kompres Aksila Terhadap Suhu Tubuh Pada Pasien Typoid Abdominalis Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/