Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Pertolongan Persalinan Oleh Tenaga Kesehatan Berdasarkan Karakteristik Ibu Di Desa Rembul Kecamatan Bojongkabupaten Tegal Tahun 2011

XML
Pengarang
Fadlilatul Munawaroh - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang : Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan yang profesional di Indonesia pada tahun 2010 sebesar 80,08%, sedangkan di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2010 sebesar 84,06%.

Tujuan : Untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan berdasarkan karakteristik ibu di Desa Rembul Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun 2011.

Metode : Metode penelitian ini adalah deskriptif berdasarkan data primer yang diambil dengan menggunakan tekhnik angket dan instrumennya adalah kuesioner terhadap 30 Ibu hamil di Desa Rembul Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal pada tanggal 23 Juni sampai dengan 30 Juli 2011.

Hasil : Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan sebagian besar mempunyai pengetahuan kurang sebanyak 16 orang (53,3%) dan sebagian kecil pada kategori cukup sebanyak 3 orang (10,0%). Sebagian besar responden berumur <20 th berpengetahuan baik sebanyak 3 orang (42,9%) dan sebagian kecil berumur <20 th sebanyak 1 orang (14,2%). Sebagian besar responden yang berpndidikan perguruan tinggi sebanyak 6 orang (75%) mempunyai pengetahuan baik dan sebagian kecil berpendidikan SMA sebanyak 2 orang (20%). Sebanyak 2 responden (50%) yang bekerja sebagai PNS berpengetahuan baik dan sebagian kecil pengetahuan ibu kurang sebanyak 1 orang (25%).

Kesimpulan : Tingkat pengetahuan Ibu hamil tentang pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan sebagian besar pada kategori cukup, responden yang berumur <20 th berpengetahuan baik, yang berpendidikan perguruan tinggi dan bekerja sebagai PNS sebagian besar berpengetahuan baik.
Pengetahuan Ibu hamil
Persalinan Tenaga Kesehatan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=442
APA Citation
Fadlilatul Munawaroh. (2011). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Pertolongan Persalinan Oleh Tenaga Kesehatan Berdasarkan Karakteristik Ibu Di Desa Rembul Kecamatan Bojongkabupaten Tegal Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/