Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif di Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Tahun 2014

XML
Pengarang
Feni Estiyasih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pemberian ASI Eksklusif bukan hanya isu nasional namun juga merupakan isu global. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan ibu dalam memberikan ASI diantaranya 32% disebabkan karena kurangnya pengetahuan ibu tentang ASI Eksklusif. Cakupan ASI Eksklusif terendah terdapat di kelurahan Arcawinangun, berdasarkan data dari Bidan Koordinator Puskesmas Purwokerto Timur I pada bulan Februari tahun 2014, jumlah bayi yang berusia 0-6 bulan sebanyak 63 bayi dari 22 posyandu.

Untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan ibu tentang ASI Eksklusif di Kelurahan Arcawinangun tahun 2014.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan One Shot Case Study. Sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel penelitian ini adalah ibu yang menyusui dan mempunyai bayi usia 0-6 bulan di Kelurahan Arcawinangun sebanyak 63 responden. Jenis data adalah data primer dengan kuesioner dan analisa data menggunakan analisisi univariat.

Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar pengetahuan responden adalah cukup sebanyak 32 responden (50,8%), responden dengan umur 20-35 tahun sebagian besar memiliki pengetahuan cukup sebanyak 18 responden (60%), responden dengan pendidikan menengah sebagian besar memiliki pengetahuan cukup sebanyak 22 responden (61,1%), responden dengan pekerjaan IRT sebagian besar memiliki pengetahuan cukup sebanyak 21 responden (72,4%), responden dengan sumber informasi petugas kesehatan sebagian besar memiliki pengetahuan baik sebanyak 16 responden (51,6%)

Sebagian besar pengetahuan ibu adalah cukup, memiliki umur 20-35 tahun, pendidikan menengah, pekerjaan IRT dan sumber informasi dari petugas kesehatan.
pengetahuan
umur
ASI Eksklusif
Pekerjaan
pendidikan
Sumber Informasi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=468
APA Citation
Feni Estiyasih. (2014). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif di Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/