Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Perilaku Penderita Skabies dalam Upaya Pencegahan Penularan Penyakitnya di Pondok Pesantren Raudlotul 'Ulum Kedungbanteng Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Fifi Aninditya Rachmawati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Skabies merupakan salah satu masalah kesehatan di seluruh dunia, dan mempengaruhi orang dari segala usia, ras dan kelompok sosial ekonomi. Skabies disebabkan oleh Sarcoptes scabiei tungau (mite) berukuran kecil yang hidup di dalam kulit penderita. Beberapa faktor yang mempengaruhi penularan penyakit ini adalah sosial ekonomi yang rendah, hygiene perseorangan yang jelek, sanitasi lingkungan yang buruk, perilaku yang tidak mendukung kesehatan, dan hunian yang padat. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan penyakit skabies yaitu perilaku seseorang yang tidak menjaga kesehatan seperti mencegah terjadinya penularan penyakit.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku penderita skabies dalam upaya pencegahan penularan penyakitnya di Pondok Pesantren Raudlotul 'Ulum Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu 22 responden yang menderita skabies. Instrumen penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar kuesioner.

Hasil penelitian didapatkan perilaku responden dalam upaya pencegahan penularan penyakit skabies yaitu perilaku baik sebanyak 2 orang (9,1%), perilaku cukup baik sebanyak 17 orang (77,3%), dan perilaku kurang baik sebanyak 3 orang (13,6%).

Dapat disimpulkan bahwa perilaku responden dalam penelitian ini sebagian besar cukup baik sebanyak 17 orang (77,3%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku para santri dalam upaya pencegahan penularan skabies perlu ditingkatkan untuk mencegah terjadinya penularan skabies.
skabies
perilaku
pencegahan penularan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=474
APA Citation
Fifi Aninditya Rachmawati. (2014). Gambaran Perilaku Penderita Skabies dalam Upaya Pencegahan Penularan Penyakitnya di Pondok Pesantren Raudlotul 'Ulum Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/