Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Kecemasan Wanita Pramenopouse Dalam Menghadapi Masa Menopause Di Rw 03 Desa Medayu Kecamatan Wanadadi Banjarnegara

XML
Pengarang
Fitria Saumi Purnama - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kecemasan yang muncul pada wanita pramenopause sering dihubungkan dengan adanya kekhawatiran dalam menghadapi suatu situasi yang sebelumnya belum pernah dialaminya.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran tingkat kecemasan wanita pramenopause dalam menghadapi masa menopause di RW 03 Desa Medayu Kecamatan Wanadadi Banjarnegara.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, lokasi dan waktu penelitian di RW 03 Desa Medayu Kec Wanadadi Banjarnegara tanggal 11 Juni 2013, populasi penelitian yaitu sebanyak 30 responden atau wanita pramenopause, tekhnik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh, tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode Hamilton Rating Scale For Anxiety.

Mayoritas responden mengalami kecemasan sedang yaitu 12 responden (40%). Berdasarkan usia mayoritas berusia 45-49 tahunsebanyak 14 responden (46,67%). Berdasarkan status perkawinanpaling banyak responden adalah berstatus menikah sebanyak 22 responden (73,33%). Berdasarkan karakteristik usia mayoritas responden yang berusia 40-44 tahun mayoritas mempunyai tingkat kecemasan sedang sebanyak 5 responden (45,46%), dan pada usia 45-49 tahun mayoritas mengalami kecemasan ringan yaitu 8 responden (57,14%) dan pada usia ≥50 tahun mayoritas mengalami kecemasan berat yaitu 3 responden (60%). Berdasarkan karakteristik status perkawinan mayoritas responden yang belum menikah mengalami kecemasan sedang dan berat, masing-masing (50%).Respondenyang berstatus sudah menikah rata-rata mengalami kecemasan sedang dan ringan, masing-masing(45%), responden yang berstatus janda mayoritas mengalami kecemasan berat yaitu (50%).
Menopause
Tingkat Kecemasan
wanita pramenopause

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=485
APA Citation
Fitria Saumi Purnama. (2013). Gambaran Tingkat Kecemasan Wanita Pramenopouse Dalam Menghadapi Masa Menopause Di Rw 03 Desa Medayu Kecamatan Wanadadi Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/