Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Kelas VIII Tentang Anemia Di SMP Negeri 2 Kembaran Purwokerto Tahun 2014

XML
Pengarang
Fuji Sri Astuti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Anemia merupakan defisiensi dalam kualitas atau kuantitas sel darah merah yang menyebabkan kapasitas darah membawa oksigen menjadi berkurang. Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rawan menderita anemia, karena pengeluaran zat besi melalui menstruasi mengakibatkan kehilangan simpanan zat besi secara cepat sesuai dengan banyaknya darah yang keluar. Upaya pencegahan dan penanggulangan anemia yang selama ini dilakukan lebih ditujukan terhadap kelompok ibu hamil sedangkan pencegahan anemia secara dini pada wanita remaja sebagai calon ibu belum banyak mendapat perhatian. Berdasarkan profil kesehatan di Banyumas anemia pada remaja putri kurang dari 15 tahun tercacat sebanyak 11,3 %.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Kelas VIII Tentang Anemia Di SMP Negeri 2 Kembaran Purwokerto pada tingkat baik, cukup dan kurang

Metode penelitian yang digunakana dalah survey deskriptif. Lokasi dan penelitianini di SMP Negeri 2 Kembaran Purwokerto pada tanggal 19 Agustus 2014, populasi 100 responden, pengambilan sample dengan sample total sampling sehingga mengambil seluruh anggota populasi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, pengolahan data dengan SPSS for windows. Teknik analisis univariat dengan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian didapatkan bahwa dari hasil penelitian terhadap 100 siswi kelas VIII di SMP Negeri 2 Kembaran Purwokerto tentang anemia, yang berpengetahuan baik 72 siswi (72%), cukup 23 siswi (23%), dankurang 5 siswi (5%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tingkat pengetahuan remaja putri kelas VIII di SMP Negeri 2 Kembaran sebagian besar berpengetahuan baik.
Tingkat pengetahuan
Anemia
Remaja Putri

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=494
APA Citation
Fuji Sri Astuti. (2014). Gambaran Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Kelas VIII Tentang Anemia Di SMP Negeri 2 Kembaran Purwokerto Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/