Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menarche Dengan Sikap Dan Perilaku Dalam Menghadapi Pubertas Remaja Putri Smp Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Gita Larasati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Fungsi keluarga dari aspek pendidikan yaitu keluarga (orangtua) memberikan informasi dan pengetahuan tentang suatu hal serta mengupayakan untuk mendapatkan pendidikan formal di sekolah. Hasil penelitian oleh Walujanti (2011) menyebutkan pemberian informasi dan pengetahuan di lingkungan keluarga dan sekolah harus dilakukan secara sinergis yaitu pemberian pengetahuan dari keluarga dan sekolah harus dilakukan secara baik dan saling mendukung. Keluarga mempunyai waktu yang lebih lama dalam menjalankan fungsi pendidikan kepada anak-anak tentang nilai-nilai etika, sopan santun khususnya untuk pengetahuan umum, pengetahuan tentang menarche dan pubertas dapat membekali anak remaja dalam menjalani kehidupannya (Walujanti, 2011).


Kualitas golongan remaja akan berpengaruh pada kualitas generasi yang akan datang. Sekitar sepertiga dari jumlah penduduk Indonesia terdiri dari kelompok usia remaja yang perlu mendapat bimbingan dan perhatian, karena pada usia tersebut merupakan periode transisi dalam siklus hidup dari masa anak ke masa dewasa yang penuh dengan masalah dan tantangan kehidupan (Depkes RI dan WHO, 2003).


Masa remaja merupakan salah satu tahap kehidupan manusia yang disebut masa pubertas yaitu masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Tahap ini remaja akan mengalami suatu perubahan fisik, emosional dan sosial sebagai ciri dalam masa pubertas. Ciri pubertas yang mendasar antara remaja putri dan putra adalah menarche. Menarche adalah haid/menstruasi yang datang pertama kali, merupakan puncak dari serangkaian perubahan yang terjadi pada seorang remaja putri yang sedang menginjak dewasa dan sebagai tanda bahwa ia sudah mampu hamil (Prawirohardjo, 2009).
Menarche
Pubertas Remaja Putri
Smp

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=506
APA Citation
Gita Larasati. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Menarche Dengan Sikap Dan Perilaku Dalam Menghadapi Pubertas Remaja Putri Smp Negeri 1 Sumbang Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/