Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Tentang Keuntungan Inisiasi Menyusu Dini Di Bps Ny. Rosila Haeni Desa Purbayasa Kabupaten Purbalingga Tahun 2011

XML
Pengarang
Gusti Wasiska Sari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Program Inisiasi Menyusu Dini telah dilakukan di Indonesia, tetapi tidak dengan cara yang benar. Penanganan bayi segera setelah lahir selama ini langsung di pisahkan untuk bersihkan, ditimbang , ditandai dan diberi pakaian. Proses ini sangat mengganggu proses alami bayi untuk menyusu. Studi pendahuluan yang di lakukan terhadap 8 responden di dapatkan 3 responden mengetahui tentang IMD, sedangkan 5 responden belum mengetahui tentang IMD.

Tujuan : Mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil trimester III tentang keuntungan IMD di BPS Ny. Rosila Haeni Desa Purbayasa Kabupaten Purbalingga tahun 2011.

Metode : Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, bedasarkan data primer yang di ambil dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden.

Hasil : Pengetahuan ibu tentang keuntungan IMD paling banyak kategori cukup yaitu 15 responden (42,9%) dan paling sedikit pada kategori kurang dengan 8 responden (22,9%), berdasarkan pendidikan SMA/sederajat sebanyak 4 responden (100%) pada kategori baik,dan paling sedikit pendidikan SD/sederajat dengan 8 responden (66,7%) kategori kurang. Berdasarkan umur di dapatkan dari umur < 20 tahun sebanyak 1 responden (50%) dengan kategori baik, dan paling sedikit umur> 35 tahun dengan 2 responden (66,7%) dengan kategori kurang. Berdasarkan pekerjaan dari PNS sebanyak 2 responden (100%) dengan kategori baik, dan paling sedikit dari IRT dengan 6 responden (27,3%) dengan kategori kurang, Berdasarkan sumber informasi media elektronik sebanyak 2 responden (100%) dengan kategori baik dan paling sedikit dari kerabat dekat dengan 5 responden (50%) kategori kurang.

Kesimpulan : Gambaran pengetahuan ibu hamil trimester III tentang keuntungan IMD di BPS Ny. Rosila Haeni Desa Purbayasa Kabupaten Purbalingga tahun 2011 sebagian besar pada kategori cukup.
pengetahuan
ibu hamil trimester III
Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=514
APA Citation
Gusti Wasiska Sari. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Tentang Keuntungan Inisiasi Menyusu Dini Di Bps Ny. Rosila Haeni Desa Purbayasa Kabupaten Purbalingga Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/