Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Konsep Diri Dengan Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara Yang Menjalani Kemotwerapi Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Helvia Maulida - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kejadian kanker payudara dari tahun ketahun semakin meningkat berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), prevalensi kejadian kanker payudara diperkirakan lebih kurang 16% dari pada semua kasus kanker pada wanita. Diperkirakan kurang lebih 510.000 wanita meninggal dunia. Bagi wanita payudara tidak hanya organ menyusui bagi bayinya namun organ daya tarik (attractiveness) bagi kaum pria. setiap organ mempunyai arti psikologik tersendiri bagi masing-masing wanita. Kualitas hidup dalah mewakili kedalam pribadi seseorang bahwa body image hamper semua penderita kanker payudara dan jika perubahan ini tidak terintegrasi dengan konsep diri maka kualitas hidup akan menurun secara drastis.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kualitas hidup pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.

Jenis penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang dibagikan kepada 34 responden. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini analisis statistik Chi-Square.

Hasil penelitian ini tedapat hubungan antara konsep diri dengan kualitas hidup pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi diperoleh p value sebesar 0,064, nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan nilai signifikan yaitu 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara konsep diri dengan kualitas hidup pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Konsep Diri
Kualitas Hidup
Kanker Payudara

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=529
APA Citation
Helvia Maulida. (2014). Hubungan Konsep Diri Dengan Kualitas Hidup Pasien Kanker Payudara Yang Menjalani Kemotwerapi Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/