Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Keluarga Dengan Balita Yang Menderita Diare Di Desa Kedawuhan Wetan Wilayah Kerja Puskesmas Kedungbanteng

XML
Pengarang
Hesti Meliyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Balita merupakan kelompok umur yang rawan gizi dan rawan penyakit, utamanya penyakit infeksi. Salah satu penyakit infeksi pada balita adalah diare. Diare lebih dominan menyerang balita karena daya tahan tubuh balita yang masih lemah. Hal yang dapat menyebabkan balita mudah terserang penyakit diare salah satunya adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang kurang baik. Angka kejadian diare di desa Kedawuhan Wetan masih cukup tinggi yaitu terdapat 20 balita yang menderita diare pada periode Januari 2012. Hal ini dibuktikan dengan kualitas PHBS keluarga yang masih kurang, salah satu contohnya adalah terdapat keluarga yang belum mempunyai jamban sehat dan kurangnya pemberian ASI eksklusif.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada keluarga dengan balita yang menderita diare di desa Kedawuhan Wetan wilayah kerja Puskesmas Kedungbanteng periode 2012.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan metode pendekatan survey deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden 20 keluarga melalui metode wawancara dan observasi langsung. Penelitian ini menggunakan kuesioner PHBS 10 indikator dengan klasifikasi merah (1-3), kuning (4-6), hijau (7-9) dan biru (klasifikasi hijau+dana sehat).

Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu terdapat 2 responden (10%) dengan klasifikasi PHBS kuning, klasifikasi warna hijau terdapat 6 responden (30%) dan klasifikasi warna biru terdapat 12 responden (60%).

Kesimpulan : Klasifikasi PHBS paling banyak adalah biru yaitu sejumlah 12 responden (60%).
diare
balita
PHBS Keluarga

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=536
APA Citation
Hesti Meliyani. (2012). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Keluarga Dengan Balita Yang Menderita Diare Di Desa Kedawuhan Wetan Wilayah Kerja Puskesmas Kedungbanteng. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/