Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Terapi Musik Klasik Mozart terhadap Penurunan Tingkat Stress Ibu Primipara dalam Merawat Bayi di Desa Teluk Kabupaten Banyumas tahun 2014.

XML
Pengarang
Hiesty Prastika - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pasca persalinan merupakan fase khusus dalam kehidupan ibu dan bayi. Persalinan untuk pertama kalinya atau primipara, ibu akan mengalami beberapa perubahan seperti perubahan emosional. Ibu yang memiliki kontrol stress rendah cenderung tidak mampu merawat bayi dengan baik dan memiliki masalah kesehatan yang ditandai dengan sulit tidur, kurang nafsu makan.



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi musik klasik Mozart terhadap penurunan tingkat stress pada ibu yang merawat bayi di Desa Teluk Kabupaten Banyumas tahun 2014.



Penelitian ini menggunakan pre experimental dengan pendekatan one group pre test-post test design. Sampel pada penelitian adalah ibu primipara di Desa Teluk sebanyak 11 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Uji statistik yang digunakan yaitu uji paired sample t-test.



Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat stress sebelum dilakukan terapi musik klasik Mozart adalah 85,21, rata-rata tingkat stress sesudah dilakukan terapi musik klasik Mozart adalah 82,45. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terapi musik klasik Mozart terhadap penurunan tingkat stress pada ibu yang merawat bayi dengan nilai p-value = 0,001. Hasil penelitian ini dapat digunakan ibu primipara untuk mengatasi masalah psikologi terutama stress dalam merawat bayi.
Musik Klasik Mozart
Tingkat Stress
Primipara

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=538
APA Citation
Hiesty Prastika. (2014). Pengaruh Terapi Musik Klasik Mozart terhadap Penurunan Tingkat Stress Ibu Primipara dalam Merawat Bayi di Desa Teluk Kabupaten Banyumas tahun 2014.. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/