Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Usia Dan Paritas Ibu Dengan Kejadian Partus Lama Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2013

XML
Pengarang
Hullya - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Partus yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan proses partus tidak berjalan lancar sehingga lama partus lebih lama dari normal atau terjadi partus lama. Faktor-faktor yang mempengaruhi lamanya partus meliputi faktor ibu, faktor janin dan factor jalan lahir. Faktor ibu meliputi paritas, his dan usia. Faktor janin meliputi sikap, letak, malposisi dan malpresentasi, janin besar, dan kelainan congenital seperti hidrosefalus. Sedangkan faktor jalan lahir meliputi panggul sempit, tumor pada pelvis, kelainan pada serviks dan vagina. Kasus partus lama di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2013 sebanyak 692 (12,4%) dari 5880 partus yang mengalami peningkatan dari tahun 2012 sebanyak 542 (9,5%) dari 5692 partus.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan usia dan paritas ibu dengan kejadian partus lama di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2013.

Metode penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi dengan pendekatan case control. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari data rekam medis pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Pengambilan sampel menggunakan quota sampling sejumlah 50 sampel kasus dan 50 sampel kontrol. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat yaitu hanya melihat gambaran distribusi frekuensi variabel dan analisis bivariat menggunakan chi square.

Ada hubungan antara usia ibu dengan kejadian partus lama. (ρvalue = 0,0001 < 0,05). Didapatkan nilai OR = 11,965, artinya usia <20 tahun dan>35 tahun menyebabkan kejadian partus lama 11,965 kali lebih besar dibanding usia 20-35 tahun. Ada hubungan antara paritas ibu dengan kejadian partus lama. (ρvalue = 0,0001 < 0,05). Di dapatkan nilai OR = 24,438, artinya paritas primipara dan grandemultipara dapat menyebabkan kejadian partus lama 24,438 kali lebih besar dibanding paritas multipara. Dengan didapatkannya OR = 11,965 pada usia dan OR = 24,438 pada paritas, maka paritas lebih beresiko terhadap kejadian partus lama dibandingkan usia.
paritas
Usia
Partus Lama

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=539
APA Citation
Hullya. (2014). Hubungan Usia Dan Paritas Ibu Dengan Kejadian Partus Lama Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/