Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Pelaksanaan Pengawasan Minum Obat Pada Keluarga Dengan Penderita Tuberkulosis Paru (Tb Paru) Di Wilayah Kerja Puskesmas Bobotsari Kabupaten Purbalingga

XML
Pengarang
Ibnu Rosyid - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pengobatan TB paru. Peranan pengawas minum obat (PMO) menjadi salah satu alternatif yang strategis dan ekonomis dalam menghadapi permasalahan pengobatan TB paru. Berkaitan dengan itu PMO harus mampu melaksanakan tugasnya yaitu mengawasi penderita TB paru dalam minum obat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran pelaksanaan PMO pada keluarga dengan penderita TB paru di wilayah kerja Puskesmas Bobotsari Kabupaten Purbalingga.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah penderita TB paru yang tercatat sebagai penderita pada tahun 2012, bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Bobotsari, penderita TB paru yang mempunyai PMO dari anggota keluarga, dan penderita TB paru yang berusia 12 sampai 55 tahun. Pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel 37 responden.

Hasil penelitian menunjukan keberadaan PMO pada keluarga dengan TB paru di wilayah kerja Puskesmas Bobotsari Kabupaten Purbalingga sebagian besar adalah suami/istri (78,4%). Pelaksanaan tugas PMO TB paru dalam mengawasi pasien TB paru dalam meminum obat sebagaian besar dalam kategori masih kurang baik (45,9%). Pemahaman tugas PMO TB paru tentang informasi penting yang harus disampaikan kepada keluarga, sebagian besar dalam ketegori cukup (45,9%), dan kepatuhan penderita TB paru dalam mengkonsumsi obat TB paru yang diberikan PMO kepada penderita, sebagian besar sudah dalam kategori patuh (81,1%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan PMO TB paru di wilayah kerja Puskesmas Bobotsari Kabupaten Purbalingga masih kurang baik.
TB Paru
PMO (Pengawas Minum Obat)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=540
APA Citation
Ibnu Rosyid. (2012). Gambaran Pelaksanaan Pengawasan Minum Obat Pada Keluarga Dengan Penderita Tuberkulosis Paru (Tb Paru) Di Wilayah Kerja Puskesmas Bobotsari Kabupaten Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/