Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Keputihan Fisiologis Dan Patologis Di Puskesmas Sumbang Ii Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun 2011

XML
Pengarang
Afri Julianingsih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang : Masalah keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Di dunia yang pernah mengalami keputihan sekitar 75%. Di Indonesia jumlah WUS yang terkena keputihan sebanyak 23.530.000 orang, di Kecamatan Sumbang kemungkinan terkena keputihan sebanyak 11.669 orang.

Tujuan : Mengetahui gambaran pengetahuan wanita usia subur tentang keputihan fisiologis dan patologi di Puskesmas Sumbang II Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

Metode : Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif berdasarkan data primer yang diambil dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 87. Teknik pengambilan sampel accidental sampel.

Hasil : Responden mempunyai pengetahuan kurang tentang keputihan fisiologis dan patologis paling banyak yaitu 33 responden (37,9%). Sebagian besar responden mempunyai pendidikan SMP/MTs/Sederajat dan mempunyai pengetahuan yang cukup sebanyak 50%. Sebagian responden yang memperoleh informasi dari teman dan sebanyak 44,7% diantaranya mempunyai pengetahuan kurang. Sebagian besar responden mempunyai umur 20-29 tahun dan 36,8% diantaranya mempunyai pengetahuan yang kurang. Sebagian besar responden mempunyai pekerjaan IRT dan 52,5% diantaranya mempunyai pengetahuan yang kurang tentang keputihan fisiologis dan patologis. Dan semua responden mengalami keputihan yaitu sebanyak 87 responden (100%), dimana 37,9% diantaranya mempuyai pengetahuan kurang.

Kesimpulan : Sebagian besar WUS di Puskesmas Sumbang II Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas mempunyai pengetahuan yang kurang tentang keputihan fisiologis dan patologis.
pengetahuan
WUS
Keputihan Fisiologis
Keputihan Patologis

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=56
APA Citation
Afri Julianingsih. (2011). Gambaran Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Keputihan Fisiologis Dan Patologis Di Puskesmas Sumbang Ii Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/