Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor Predisposisi Persalinan Prematur Di Rsud Dr. R. Goeteng Tarunadibrata Purbalingga Tahun 2011

XML
Pengarang
Inayati Nur Afifah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Usia kehamilan merupakan salah satu indikator penting bagi kelangsungan hidup janin dan kualitas hidupnya. Persalinan prematur adalah persalinan yang terjadi sebelum janin genap berusia 37 minggu. Persalinan prematur menjadi perhatian utama dalam bidang obstetrik karena erat kaitannya dengan mortalitas dan morbiditas perinatal dan sekitar 75% kematian perinatal disebabkan oleh prematuritas. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan pada tanggal 9 Desember 2011 di RSUD dr. R. Goeteng Tarunadibrata didapatkan hasil jumlah persalinan prematur tahun 2011 sebanyak 164 kasus prematur dari 1256 persalinan (7,65%).

Tujuan : Untuk mengetahui gambaran faktor predisposisi persalinan premature berdasarkan riwayat penyakit yang menyertai: hipertensi,dm,jantung di RSUD Purbalingga periode 2011.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan retrospektif study. Sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel penelitian ini adalah ibu bersalin prematur. Sampel pada penelitian ini 164 responden.

Hasil : Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden memiliki riwayat penyakit hipertensi sebanyak 110 responden (67,1%), tidak memiliki riwayat penyakit DM sebanyak 114 responden (69,5%), dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebanyak 160 responden (97,6%).

Kesimpulan : Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: sebagian besar responden memiliki riwayat penyakit hipertensi sebanyak 110 responden (67,1%). Angka kejadian persalinan prematur berdasarkan penyakit DM sebanyak 50 (30,5%) dan sebagian besar responden tidak memiliki riwayat penyakit DM sebanyak 114 responden (69,5%). Angka kejadian persalinan prematur berdasarkan penyakit jantung sebanyak 4 (2,4%) dan sebagian besar responden tidak memiliki riwayat penyakit jantung sebanyak 160 responden (97,6%).
hipertensi
persalinan prematur
DM
Jantung
Ibu Bersalin

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=571
APA Citation
Inayati Nur Afifah. (2012). Gambaran Faktor Predisposisi Persalinan Prematur Di Rsud Dr. R. Goeteng Tarunadibrata Purbalingga Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/