Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TOILET TRAINING DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) DI PAUD DESA DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN PURWOKERTO

XML
Pengarang
Agung Setiawan R. - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Selama perkembangan psikoseksual (Freud) kehidupan anak usia 1-3 tahun berpusat pada perkembangan otot sfringter dengan demikian toilet training adalah waktu yang tepat dilakukan pada periode ini. Menurut Survey Kesehatan Rumah Tangga Nasional jumlah balita yang susah mengontrol buang air besar dan buang air kecil di usia sampai prasekolah mencapai 75 juta anak. Fenomena ini dipicu karena banyak hal, pengetahuan ibu yang kurang tentang cara melatih buang air kecil dan buang air besar, pemakaian popok sekali pakai dan kehadiran saudara baru. Pengetahuan tentang toilet training sangat penting untuk dimiliki oleh seorang ibu hal ini akan berpengaruh pada keberhasilan toilet training pada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun) di PAUD Desa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Purwokerto tahun 2015.
Metode penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan Cross sectional. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunaka total sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 Responden data diambil dengan membagikan kuesioner. Analisa data menggunakan Chi Square.
Hasil uji statistik menunjukkan nilai X2 hitung 14,387 (>3,84) dan nialai p value 0,000 (<0,05), Kesimpulan terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan Ibu tentang toilet training dengan keberhasilan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun) di PAUD Desa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Purwokerto.
Tingkat pengetahuan
Toilet Training
Usia Toddler
Level of Knowledge
Age Toddler

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=58
APA Citation
Agung Setiawan R.. (2015). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TOILET TRAINING DENGAN KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) DI PAUD DESA DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN PURWOKERTO. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/