Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI MANDALA 03 KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP

XML
Pengarang
Intan Dwi Rostikawaty - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Gizi merupakan salah satu faktor penentu utama kualitas sumber daya manusia. Status gizi yang baik akan mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya dapat meningkatkan kemampuan intelektual yang akan berdampak pada prestasi belajar di sekolah. Presentase gizi kurang di Indonesia sebesar 13%, gizi buruk sebesar 4,9%, anak pendek sebesar 17,1%, anak sangat pendek 18,5%, underweight sebesar 17,9%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Mandala 03 Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 34 responden. Analisa data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Spearman Rank.

Hasil uji Spearman Rank menunjukkan tidak ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Mandala 03 Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, dengan p value=0,712, adalah lebih besar (α> 0,05), artinya Ho diterima dan Ha ditolak.

Prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Mandala 03 Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap tidak hanya dipengaruhi oleh status gizi namun dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti dengan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam proses belajar sehingga dengan menumbuhkan minat dan motivasi belajar yang baik, maka prestasi belajar akan tumbuh dalam diri siswa ini.
Status Gizi
Prestasi Belajar
learning achievement
Nutritional status

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=588
APA Citation
Intan Dwi Rostikawaty. (2015). HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI MANDALA 03 KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/