Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Dalam Pencegahan Hiv/Aids Pada Siswa Kelas Xi Dan Xii Di Sma Negeri Baturraden

XML
Pengarang
Irma Purwaningrum - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit mematikan yang sangat merisaukan masyarakat. Usia remaja sekolah merupakan usia yang rentan dalam pergaulan bebas di era modern ini sehingga diperlukan strategi dalam pengurangan dan pencegahan penyebaran virus HIV. SMA Negeri Baturraden berada dikawasan lokawisata dimana terdapat tempat-tempat penginapan seperti hotel dan tempat hiburan malam dan juga terdapat suatu tempat yang sering digunakan untuk transaksi PSK.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap dalam pencegahan HIV/AIDS pada kelas XI dan XII di SMA Negeri Baturraden.


Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan adalah kelas XI dan XII dengan besar sampel yang diambil sebesar 82 responden dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket kuesioner. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pengetahuan tentang HIV/AIDS dan variabel terikat yaitu sikap dalam pencegahan HIV/AIDS. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariate dengan uji korelasi Spearman Rank.


Hasil penelitian berdasarkan uji statistik Spearman Rank yaitu ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap dalam pencegahan HIV/AIDS pada kelas XI dan XII di SMA Negeri Baturraden (p <α 0,05 ) atau 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi 0,592.


Ada hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap dalam pencegahan HIV/AIDS pada kelas XI dan XII di SMA Negeri Baturraden.
sikap
pengetahuan
siswa
HIV/AIDS

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=599
APA Citation
Irma Purwaningrum. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Sikap Dalam Pencegahan Hiv/Aids Pada Siswa Kelas Xi Dan Xii Di Sma Negeri Baturraden. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/