Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pemberian Kompres Jahe (Zingiber Offichinale) Terhadap Penurunan Nyeri Arthritis Rheumatoid Pada Lansia Di Desa Pandak Baturraden Tahun 2013

XML
Pengarang
Isfidia Widuri Indria Dewi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Nyeri merupakan cara tubuh untuk memberitahu bahwa terjadi sesuatu yang salah. Nyeri arthritis rheumatoid adalah istilah umum untuk peradangan dan pembengkakan di daerah persendian. Kompres jahe (zingiber offichinale) merupakan salah satu terapi nonfarmakologi untuk mengurangi nyeri dengan menstimulasi sekresi endorfin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompres jahe (zingiber offichinale) terhadap penurunan nyeri arthritis rheumatoid pada lansia di Desa Pandak Baturraden Banyumas.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan jenis rancangan penelitian pretest and posttest with control group design. Analisa bivariate menggunakan uji paired t-test dan t-independent.

Hasil uji statistik penelitian menunjukan paired test didapatkan nilai p sebesar 0,000 (p <0,05). Ada pengaruh pemberian kompres jahe (zingiber offichinale ) yang signifikan terhadap penurunan nyeri arthritis rheumatoid. Uji statistik t-independent di dapatkan nilai p sebesar 0,06 (p>0,05). Tidak ada perbedaaan penurunan nyeri yang signifikan setelah diberikan kompres jahe dan kompres air hangat.

Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh pemberian kompres jahe (zingiber offichinale) terhadap penurunan nyeri arthritis rheumatoid pada lansia di Desa Pandak Baturraden Banyumas.
rheumatoid arthritis
Ginger compress
Pain intensity

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=601
APA Citation
Isfidia Widuri Indria Dewi. (2013). Pengaruh Pemberian Kompres Jahe (Zingiber Offichinale) Terhadap Penurunan Nyeri Arthritis Rheumatoid Pada Lansia Di Desa Pandak Baturraden Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/