Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pengetahuan Tentang Komplikasi Diabetes Mellitus Dengan Kepatuhan Pola Diet Tipe II Pada Penderita DM Tipe II Di Komunitas Senam Prodia Purwokerto

XML
Pengarang
Ixvan Maulana - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Diabetes mellitus (DM) adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula (glukosa) darah akibat kekurangan hormon insulin secara absolute atau relative. Pengetahuan merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam perubahan perilaku individu termasuk perilaku penderita DM dalam mengkonsumsi makanan. Di komunitas senam prodia purwokerto di ketahui bahwa di dapatkan jumlah penderita DM tipe II sebanyak 25 orang, semua penderita belum mengetahui komplikasi DM akut ataupun kronis.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Tentang Komplikasi Diabetes Mellitus Dengan Kepatuhan Pola Diet Tipe II Pada Penderita Dm Tipe Ii Di Komunitas Senam Prodia Purwokerto .

Jenis penelitian menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. sebanyak 25 responden. Data diambil menggunakan lembar kuesioner chi square yang di modifikasi.

Hasil penelitian ini sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan 68 %, berjenis kelamin laki laki 32%, responden yang berpengetahuan baik 56%, responden yang berpengetahuan cukup 28%, responden yang berpengetahuan kurang 16%, kepatuhan pola diet tidak patuh 20% responden dan sebagian besar responden patuh sebesar 80%. Terdapat Hubungan Pengetahuan Tentang Komplikasi Diabetes Mellitus Dengan Kepatuhan Pola Diet Tipe II p=0,001.

Kesimpulan dari penelitian ini terdapat nilai p-value = 0,001 menunjukan ada hubungan pengetahuan tentang komplikasi diabetes mellitus dengan kepayuhan pola diet pada penderita diabetes mellitus tipe II di senam prodia purwokerto.
pengetahuan
Kepatuhan
Diabetes Mellitus Tipe II
Komplikasi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=616
APA Citation
Ixvan Maulana. (2014). Hubungan Pengetahuan Tentang Komplikasi Diabetes Mellitus Dengan Kepatuhan Pola Diet Tipe II Pada Penderita DM Tipe II Di Komunitas Senam Prodia Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/