Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas
Perkembangan personal sosial anak usia prasekolah merupakan fase yang berkaitan dengan kemampuan mandiri, bersosialisasi, dan bagaimana anak berinteraksi dengan lingkungannya. Perkembangan personal sosial anak tidak lepas dari cara anak berinteraksi dengan keluarga (orang tua) ketika dirumah. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang berpengaruh terhadap perkembangan anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan disain analitik deskriptif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 35 responden / total sampling. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan lembar DDST II.
Teknik analisa data menggunakan uji korelasi Spearman rank (Rho). Hasil penelitian diperoleh nilai r = 0,501 dengan nilai signifikansi 0,002 lebih kecil dari nilai α (0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.
Dukungan Keluarga Anak Usia Prasekolah perkembangan personal sosial
Karmila Nurhamdiyah. (2014). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 tahun) di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Desa Tambaksogra Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id