Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Perdarahan Postpartum Di Rsud Banjarnegara Tahun 2011

XML
Pengarang
Kiki Monica Elysa Dewi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang : Survey pendahuluan yang dilakukan peneliti di RSUD Banjarnegara, angka kejadian perdarahan postpartum pada tahun 2010 sebanyak 125 dan pada tahun 2011 sebanyak 142 ibu postpartum, sehingga angka kejadian perdarahan postpartum mengalami kenaikan sebesar 11,97% pada tahun 2011. Penyebab perdarahan postpartum antara lain yaitu atonia uteri, retensio plasenta, inversio uteri, robekan jalan lahir dan sisa plasenta.

Tujuan : Untuk mengetahui gambaran faktor penyebab kejadian perdarahan postpartum di RSUD Banjarnegara tahun 2011. Berdasarkan atonia uteri, retensio plasenta, inversio uteri, robekan jalan lahir dan sisa plasenta.

Metode : Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif berdasarkan data sekunder yang diambil dengan menggunakan master tabel. Populasi semua ibu postpartum yang mengalami perdarahan postpartum di RSUD Banjarnegara Tahun 2011. Jumlah populasi sebanyak 142 kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Jumlah sampel sebanyak 142.

Hasil : Kelengkapan data yang ada di rekam medik hanya sebanyak 142 perdarahan postpartum. perdarahan postpartum karena atonia uteri terdapat 11 kasus (7,7%), retensio plasenta 64 kasus (45,1%), inversio uteri 0 kasus (0%), robekan jalan lahir 20 kasus (14,1%) dan karena sisa plasenta sebanyak 47 kasus (33,1%).

Kesimpulan : Gambaran faktor penyebab kejadian perdarahan postpartum di RSUD Banjarnegara tahun 2011 diantaranya yaitu atonia uteri, retensio plasenta,inversi uteri, robekan jalan lahir dan sisa plasenta
Perdarahan Postpartum
Faktor penyebab

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=648
APA Citation
Kiki Monica Elysa Dewi. (2012). Gambaran Faktor-Faktor Penyebab Perdarahan Postpartum Di Rsud Banjarnegara Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/