Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Pemeriksaan Pap Smear Di Puskesmas Karangkobar Banjarnegara Tahun 2014

XML
Pengarang
Agus Triani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kanker serviks, 99,7% disebabkan oleh infeksi virus Human Pappiloma Virus (HPV). Di Indonesia diperkirakan 15.000 kasus baru kanker serviks terjadi setiap tahunnya sedangkan angka kematiannya diperkirakan 7.500 kasus per tahun. Selain itu, setiap harinya diperkirakan terjadi 41 kasus baru kanker serviks dan 20 wanita meninggal dunia karena penyakit tersebut. Mengingat semakin tingginya angka kejadian kanker serviks maka seorang wanita dianjurkan untuk melakukan tes Pap Smear. Tes Pap Smear merupakan cara atau metode untuk mendeteksi sejak dini munculnya lesi prakanker serviks.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan wanita usia subur di Puskesmas Karangkobar Banjarnegara tahun 2014 yang diambil berdasarkan usia, pendidikan dan pekerjaan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling quota dengan sampel sebanyak 78 responden. Instrument yang digunakan adalah kuesioner, yang terdiri dari 19 pertanyaan. Dari hasil yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis univariat dan dituangkan dalam bentuk prosentase.

Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa 39,7% wanita memiliki pengetahuan yang cukup, sebagian besar berusia 20-35 tahun dan kebanyakan berpendidikan SMP. Berdasarkan pekerjaan menunjukkan wanita yang memiliki pekerjaan memiliki pengetahuan yang cukup yaitu sebanyak 56,4% dari pada wanita yang tidak bekerja.
Tingkat pengetahuan
Pap Smear
Wanita Usia Subur

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=65
APA Citation
Agus Triani. (2014). Gambaran Tingkat Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Pemeriksaan Pap Smear Di Puskesmas Karangkobar Banjarnegara Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/