Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Umur Dan Paritas Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester Iii Dalam Menghadapi Persalinan Di Bps. Ny. Tri Cahya Tularningsih Di Desa Kalibagor Tahun 2013

XML
Pengarang
Lorinta Deskriana Sari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Kehamilan merupakan peristiwa suatu pengalaman penting dalam kehidupan seorang wanita. Salah satu hubungan umur dan paritas dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan adalah tingkat kecemasan. Dari surve pendahuluan pada tanggal 1-6 Febuari 2013 terdapat 21 ibu hamil trimester III didapatkan umur <20 tahun sebanyak 2 orang, umur 20-35 tahun sebanyak 16 orang, dan usia>35 tahun sebanyak 3 orang, dilihat dari paritas pada nullipara sebanyak 6 orang, primipara sebanyak 11 orang, multipara sebanyak 3 orang, dan grandemultipara sebanyak 1 orang. Dari tingkat kecemasan 15 orang mengatakan merasa cemas dan 6 orang mengatakan tidak cemas.


Tujuan : Untuk mengetahui hubungan umur dan paritas dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan di BPS. Ny. Tri Cahya Tularningsih di Desa Kalibagor Tahun 2013.


Metode :Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, berdasarkan data primer sampel sebanyak 31 ibu hamil trimester III, perhitungan sampel yang digunakan dengan rumus slovin, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner.


Hasil : Diperoleh hasil bahwa umur ibu hamil trimester III sebanyak 18 responden (58,1%), paritas ibu hamil trimester III sebanyak 13 responden (41,9%), tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan sebanyak 11 responden (35,5%), hubungan umur dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan terbanyak terjadi pada usia 20-35 tahun 11 responden (35,5%), hubungan paritas dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan terjadi pada primipara 6 responden (46,2%) hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik spearman rank nilai p - value>a (0,05), sehingga tidak ada hubungan umur dan paritas dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan.


Kesimpulan : Tidak ada hubungan umur dan paritas dengan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan di BPS. Ny. Tri Cahya Tularningsih di Desa Kalibagor Tahun 2013.
umur
paritas
Tingkat kecemasan dalam menghadapi persalinan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=694
APA Citation
Lorinta Deskriana Sari. (2013). Hubungan Umur Dan Paritas Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester Iii Dalam Menghadapi Persalinan Di Bps. Ny. Tri Cahya Tularningsih Di Desa Kalibagor Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/