Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Rjp Dengan Keterampilan Melakukan Prosedur Tindakan Rjp (Resusitasi Jantung Paru) Di Igd (Instalasi Gawat Darurat) Rsu Bunda Purwokerto

XML
Pengarang
Mahful - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kegawatdaruratan merupakan kejadian tidak terduga yang membutuhkan tindakan segera. Penatalaksanaan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan RJP. keterampilan melakukan RJP diperlukan bagi petugas perawat terutama perawat yang bertugas di Ruang Instalasi Gawat Darurat. Perawat yang memiliki pengetahuan baik seyogyanya memiliki keterampilan yang baik dalam melakukan RJP.



Tujuan penelitian inimengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan perawat tentang RJP dengan keterampilan melakukan prosedur tindakan RJP di IGD RSU Bunda Purwokerto tahun 2014.



Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian adalah semua perawat IGD di RSU Bunda Purwokerto sebanyak 18 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dan lembar checklist. Uji statistic yang digunakan yaitu chi square.



Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar tingkat pengetahuan berada pada cukup sebanyak 10 responden (55,6%). Paling banyak responden tidak terampil sebanyak 11 responden (61,1%). Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan perawat tentang RJP dengan keterampilan melakukan prosedur tindakan RJP di IGD RS Bunda Purwokerto tahun 2014 dengan p-value sebesar 0,014 < 0,05.



Kesimpulan pada penelitian ini ada hubungan antara tingkat pengetahuan perawat tentang RJP dengan keterampilan melakukan prosedur tindakan RJP di IGD RSU Bunda Purwokerto nilai p-value =0,014 (p-value < 0,05)
Tingkat pengetahuan
perawat
Keterampilan RJP

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=707
APA Citation
Mahful. (2014). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Perawat Tentang Rjp Dengan Keterampilan Melakukan Prosedur Tindakan Rjp (Resusitasi Jantung Paru) Di Igd (Instalasi Gawat Darurat) Rsu Bunda Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/