Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Memijat Bayi Di Desa Candiwulan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga

XML
Pengarang
Maria Ulfah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Stimulasi tumbuh kembang bayi salah satunya adalah dengan pijat. Pijat bayi memberi banyak manfaat untuk bayi dan Ibunya. Pengetahuan dan keterampilan Ibu tentang pijat bayi masih kurang sehingga berpengaruh terhadap praktek pijat bayi yang diharapkan. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pijat bayi adalah pendidikan kesehatan.

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan pijat bayi terhadap pengetahuan dan keterampilan Ibu memijat bayi di Desa Candiwulan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga.

Desain penelitian quasi experiment, two group pre post design with control dan simple random sampling. Sampel merupakan Ibu yang memiliki bayi berusia 3-12 bulan berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang untuk kelompok intervensi dan 15 orang untuk kelompok kontrol. Analisis perbedaan pengetahuan dan keterampilan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pijat bayi menggunakan uji wilcoxon.

Hasil penelitian dengan α=0,05 menunjukan bahwa pada pengetahuan dan keterampilan kelompok intervensi didapatkan nilai p=0,000 yang artinya Ha diterima.

Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan pada pemberian pendidikan kesehatan pijat bayi terhadap pengetahuan dan keterampilan Ibu memijat bayi di Desa Candiwulan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga.
pengetahuan
pendidikan kesehatan
health education
knowledge
Keterampilan
Skills
pijat bayi
infant massage

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=721
APA Citation
Maria Ulfah. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Ibu Memijat Bayi Di Desa Candiwulan Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/