Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Retensio Plasenta Di Rsud Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Tahun 2011

XML
Pengarang
Akmilul Qurrotul Aini - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Retensio plasenta merupakan komplikasi yang dapat terjadi pada kala 3 persalinan. Berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan pada tanggal 3 Desenber 2011 di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata terdapat 90 orang (10.4%) mengalami retensio plasenta dari 862 persalinan spontan.

Tujuan : Mengetahui gambaran faktor yang mempengaruhi kejadian retensio plasenta di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Tahun 2011.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif. Dengan menggunakan data sekunder berdasarkan buku register dan catatan rekam medik pasien.

Hasil : Mayoritas umur 20-35 tahun 29 orang (87.88%) retensio plasenta dan 31 orang (93.94%) tanpa retensio plasenta, mayoritas paritas multipara yaitu 26 orang (78.79%) retensio plasenta dan 24 orang (72.73%) tanpa retensio plasenta, mayoritas tidak mempunyai riwayat curettage uterus sebelumnya yaitu 20 orang (60.61%) retensio plasenta dan 29 orang (87.88%) tanpa retensio plasenta, mayoritas mempunyai riwayat retensio plasenta sebelumnya 17 orang (51.52%) dan tanpa retensio plasenta mayoritas tidak mempunyai riwayat retensio plasenta sebelumnya sebanyak 33 orang (100%), mayoritas tidak mempunyai riwayat Plasenta previa yaitu 31 orang (93.94%) retensio plasenta dan 33 orang (100%) tanpa retensio plasenta.

Kesimpulan : Terdapat persamaan hasil antara ibu retensio plasenta dan tanpa retensio plasenta pada faktor umur, paritas, riwayat curettage uterus sebelumnya, dan riwayat plasenta previa, sedangkan terdapat perbedaan hasil pada faktor riwayat retensio plasenta sebelumnya.
Retensio plasenta
umur
paritas
riwayat curettage uterus sebelumnya
riwayat retensio plasenta sebelumnya
riwayat plasenta previa

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=74
APA Citation
Akmilul Qurrotul Aini. (2012). Gambaran Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Retensio Plasenta Di Rsud Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/