Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Suhu Tubuh Penderita Demam Berdarah Dengue Pada Anak Usia Sekolah Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Meyra Dwi Hernandini - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Demam berdarah dengue adalah penyakit virus tersebar luas di seluruh dunia terutama di daerah tropis. Vektor yang berperan dalam penularan penyakit ini adalah nyamuk Aedes aegypti. Salah satu gejala klinis/tanda-tanda khas terjangkit demam berdarah dengue yaitu demam, pada penderita DBD demam mempunyai ciri yang khas dari hari pertama sampai hari yang ketujuh yang perlu diketahui oleh pasien dan keluarganya terutama oleh tenaga kesehatan.Angka kejadian DBD di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo pada tahun 2011 terdapat 257 penderita, dan pada tahun 2012 terdapat 376 penderita. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola suhu tubuh penderita DBD khususnya pada anak sekolah.



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran suhu tubuh penderita demam berdarah dengue pada anak usia sekolah di RSUD Prof.dr.Margono Soekarjo Purwokerto.



Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple random sampling sebanyak 55 sampel. Teknik analisis menggunakan analisis univariat.



Hasil penelitian menunjukan dari 55 responden yang diteliti menunjukan bahwa suhu tubuh pada hari pertama anak usia sekolah dengan penderita DBD di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo berdasarkan rata-rata adalah 38,6°C, pada hari kedua adalah 38°C, pada hari ketiga adalah 37,1°C, pada hari keempat adalah 37,3°C, dan pada hari kelima adalah 37°C.Hal tersebut menunjukan bahwa suhu tubuh penderita demam berdarah dengue pada anak usia sekolah berdasarkan rata-rata terjadi peningkatan dari pada normal pada hari pertama dan kedua, serta terjadi penurunan atau dalam kondisi normal pada hari ketiga sampai hari kelima.
Suhu tubuh
Demam Berdarah Dengue

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=755
APA Citation
Meyra Dwi Hernandini. (2013). Gambaran Suhu Tubuh Penderita Demam Berdarah Dengue Pada Anak Usia Sekolah Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/