Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pengetahuan Dengan Keterampilan Kader Dalam Melaksanakan Pengukuran Antropometri Pada Balita Di Posyandu Desa Sokaraja Kulon Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Mirza Gita Pradani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pengukuran antropometri merupakan pengukuran yang dilakukan untuk mengetahui ukuran fisik seseorang dengan menggunakan alat ukur tertentu. Pengukuran ini dilakukan salah satunya oleh kader Posyandu. Salah satu tujuan utama Posyandu adalah pemantauan pertumbuhan secara rutin, sehingga pengetahuan kader dalam pengukuran antropometri balita merupakan faktor penting dalam pengukuran antopometri karena sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan dijadikan pedoman atau acuan persentase status gizi di setiap wilayah.



Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan keterampilan kader dalam melaksanakan pengukuran antropometri pada balita di posyandu Desa Sokaraja Kulon Kabupaten Banyumas.



Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan rancangan cross sectional. Pengambilan menggunakan teknik total sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 50 kader. Data diambil dengan melakukan pengisian kuesioner dan checklist saat pengukuran antropometri. Analisis data menggunakan uji Spearman Rank.



Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan kader tentang pengukuran antropometri pada balita sebagian besar dalam kategori baik 38 orang (76%) dan mempunyai keterampilan dalam melakukan pengukuran antropometri dalam kategori baik 34 orang (68%). Hasil penelitian juga menunjukkan ada hubungan pengetahuan dengan keterampilan kader dalam pengukuran antropometri pada balita di posyandu Desa Sokaraja Kulon Kabupaten Banyumas (nilai p value 0,001 < 0,05).



Kesimpulan ada hubungan pengetahuan dengan keterampilan kader dalam pengukuran antropometri pada balita di posyandu Desa Sokaraja Kulon Kabupaten Banyumas.
pengetahuan
Posyandu
Keterampilan
antropometri
kader

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=763
APA Citation
Mirza Gita Pradani. (2014). Hubungan Pengetahuan Dengan Keterampilan Kader Dalam Melaksanakan Pengukuran Antropometri Pada Balita Di Posyandu Desa Sokaraja Kulon Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/