Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Oral Hygiene Pada Anak Retardasi Mental Sedang Terhadap Kemandirian Sikat Gigi Di Sekolah Luar Biasa Yakut Purwokerto

XML
Pengarang
Nadia Kris Utami - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pendidikan kesehatan adalah komponen program kesehatan dan kedokteran yang terdiri atas upaya terencana untuk mengubah perilaku individu, kelompok maupun masyarakat yang merupakan perubahan cara berfikir, bersikap, dan berbuat dengan tujuan membantu pengobatan, rehabilitas, pencegahan penyakit, dan promosi hidup sehat. Pendidikan kesehatan semakin penting dilakukan pada orang dengan retardasi mental. Pendidikan kesehatan yang cukup penting bagi penderita retardasi mental adalah dalam perawatan gigi sehari-hari. Gigi yang sehat adalah gigi yang rapi, bersih, dan didukung oleh gusi yang kuat dan berwarna merah muda.

Penelitian bertujuan untuk pengaruh pendidikan kesehatan tentang oral hygiene anak retardasi mental sedang terhadap kemandirian sikat gigi di Sekolah Luar Biasa Yakut Purwokerto. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan pre and post one group menggunakan satu kelompok subyek. Sampel dalam penelitian ini adalah anak retardasi mental sedang di Sekolah Luar Biasa Yakut Purwokerto yaitu 25 anak. Analisis data menggunakan paired t-test.

Hasil penelitian adalah kemandirian sebelum diberi perlakuan oral hygiene, didapatkan hasil sebanyak 17 responden (68%). Sedangkan kemandirian sesudah diberi perlakuan oral hygiene, didapatkan hasil sebanyak 19 responden (76%). Ketergantungan sebelum diberi perlakuan oral hygiene, didapatkan hasil sebanyak 8 responden (32%). Sedangkan ketergantungan sesudah diberi perlakuan oral hygiene, didapatkan hasil sebanyak 6 responden (24%).

Kesimpulan ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang oral hygiene terhadap kemandirian sikat gigi (p=0,002).
oral hygiene
pendidikan
retardasi mental
Kesehatan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=787
APA Citation
Nadia Kris Utami. (2011). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Oral Hygiene Pada Anak Retardasi Mental Sedang Terhadap Kemandirian Sikat Gigi Di Sekolah Luar Biasa Yakut Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/