Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (Mp-Asi) Pada Bayi Umur 7-24 Bulan Di Posyandu Margosari I Desa Ledug Kecamatan Kembaran Tahun 2011

XML
Pengarang
Nia Tri Nugraheni - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang: Kebutuhan gizi sangat penting khususnya pada masa tumbuh kembang bayi dan anak. Ketidaktahuan tentang cara pemberian makanan bayi dan anak, dan adanya kebiasaan yang merugikan kesehatan, secara langsung dan tidak langsung menjadi penyebab utama terjadinya masalah kurang gizi pada anak, khususnya pada umur dibawah 2 tahun (baduta). Oleh karena itu sejak usia 7 bulan, selain bayi mendapatkan ASI bayi juga mulai diberi makanan pendamping ASI (MP-ASI) agar kebutuhan gizi bayi/anak terpenuhi. Pemberian MP-ASI perlu memperhatikan waktu pemberian MP-ASI, frekuensi porsi, pemilihan bahan makanan, cara pembuatan dan cara pemberiannya. Di Posyandu Margosari I memiliki angka BGM yang cukup tinggi yaitu terdapat 4 bayi yang mengalami BGM dan sudah mendekati gizi buruk.

Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu menyusui tentang pemberian MP-ASI pada bayi umur 7-24 bulan di Posyandu Margosari I desa Ledug kecamatan Kembaran.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, yaitu seluruh ibu menyusui yang memiliki bayi yang berumur 7-24 bulan, sejumlah 50 orang, jenis data merupakan data primer, dengan instrumen berupa kuesioner.

Hasil: Tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian MP-ASI pada bayi umur 7-24 bulan sebagian besar pada kategori cukup 50%, tingkat pengetahuan berdasarkan umur sebagian besar pada kelompok umur 20-35 tahun yaitu dalam kategori cukup 56%, tingkat pengetahuan berdasarkan pendidikan sebagian besar pada pendidikan SMP/MTs yaitu dalam kategori cukup 48%, sedangkan berdasarkan paritas sebagian besar dalam kelompok paritas 1 yaitu dalam kategori cukup 54%.

Kesimpulan: Tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian MP-ASI pada bayi umur 7-24 bulan di Posyandu Margosari I sebagian besar memiliki tingkat pengetahuan cukup 25 orang (50%), sedangkan yang pengetahuannya tidak baik hanya 6 orang (12%).
Pengetahuan ibu menyusui
Makanan pendamping ASI

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=802
APA Citation
Nia Tri Nugraheni. (2011). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Menyusui Tentang Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (Mp-Asi) Pada Bayi Umur 7-24 Bulan Di Posyandu Margosari I Desa Ledug Kecamatan Kembaran Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/