Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN PASIEN STROKE TERHADAP KESIAPAN KELUARGA MENGHADAPI PEMULANGAN PASIEN STROKE NON-HEMORAGIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

XML
Pengarang
Niken Widi Hastuti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pendidikan pada pasien dan keluarganya merupakan faktor kunci dalam mempersiapkan mereka untuk perawatan diri sendiri sewaktu beralih dari rumah sakit atau fasilitas perawatan lanjutan ke lingkungan rumah. Salah satu faktor yang mempengaruhi sikap keluarga dalam memberikan perawatan pada pasien paska stroke adalah tingkat pengetahuan keluarga tentang stroke dan penanganannya yang masih rendah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan pasien stroke terhadap kesiapan keluarga menghadapi pemulangan pasien stroke non-hemoragik di ruang rawat inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.

Jenis penelitian ini adalah pre experimen dengan pendekatan one group pretest and posttest design. Sampel yang digunakan adalah consecutive sampling, sampel penelitian ini adalah pasien stroke non-hemoragik sebanyak 18 responden. Analisa statistik menggunakan uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata usia responden adalah 42,39 tahun. Sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (66,7%), sebagian besar pendidikan responden adalah SD (66,7%) dan sebagian besar hubungan dengan pasien adalah anak (61,1%). Sebagian besar kesiapan responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah tingkat kesiapan 2 (R2) sebanyak (61,1%). Sebagian besar kesiapan responden sesudah diberikan pendidikan kesehatan adalah tingkat kesiapan 3 (R3) sebanyak (55,6%). Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan pasien stroke terhadap kesiapan keluarga menghadapi pemulangan pasien stroke non-hemoragik di RSUD dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dengan nilai ρ-value sebesar 0,0001.
pendidikan kesehatan
Perawatan Stroke Non-Hemoragik
Kesiapan Keluarga

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=805
APA Citation
Niken Widi Hastuti. (2015). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN PASIEN STROKE TERHADAP KESIAPAN KELUARGA MENGHADAPI PEMULANGAN PASIEN STROKE NON-HEMORAGIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/