Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor Penyebab Bayi Berat Lahir Rendah Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2011

XML
Pengarang
Noor Laily Fajrin - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Bayi berat lahir rendah adalah bayi yang lahir dengan berat kurang dari 2500 gram tanpa memandang masa kehamilan. BBLR hingga saat ini menjadi masalah di seluruh dunia karena merupakan penyebab kesakitan dan kematian pada masa bayi baru lahir. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki angka kejadian BBLR yang tinggi. Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo tahun 2011 tercatat 811 bayi berat lahir rendah dan setiap tahun mengalami peningkatan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab bayi berat lahir rendah di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2011 berdasarkan usia kehamilan, penyakit kehamilan, penyakit bayi, paritas, dan umur ibu. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan retrospektif study. Sampel yang digunakan berjumlah 100 bayi berat lahir rendah.

Hasil dalam penelitian ini adalah faktor penyebab bayi berat lahir rendah sebagian besar pada usia kehamilan <37 minggu sebanyak 73 (82%) bayi. Sebanyak 63 (71%) ibu yang tidak mengalami penyakit kehamilan. Sebanyak 77 (86,5%) bayi berat lahir rendah tidak mengalami penyakit. Sebanyak 43 (48,3%) ibu dengan paritas primipara dan. Sebanyak 55 (61,8%) ibu dengan umur 20-35 .

Faktor penyebab bayi berat lahir rendah terbanyak pada usia <37 minggu, ibu yang melahirkan bayi berat lahir rendah banyak yang tidak mengalami penyakit kehamilan, serta bayi berat lahir rendah banyak yang tidak mengalami penyakit, ibu dengan primipara dan umur 20-35 tahun banyak yang melahirkan BBLR.
Bayi Berat Lahir Rendah
Faktor penyebab

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=821
APA Citation
Noor Laily Fajrin. (2012). Gambaran Faktor Penyebab Bayi Berat Lahir Rendah Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2011. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/