Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN BUAH MAHKOTA DEWA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA BENTAR KECAMATAN SALAM KABUPATEN BREBES TAHUN 2015

XML
Pengarang
Noto Siswanto - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Hipertensi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah diatas nilai normal, hipertensi mengakibatkan jantung bekerja lebih keras sehingga proses perusakan dinding pembuluh darah berlangsung lebih cepat, untuk menghindari bahaya hipertensi salah satunya adalah pengobatan herbal menggunakan buah mahkota dewa, mahkota dewa memiliki kandungan Flavonoid, yang dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian air rebusan buah mahkota dewa terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan melibatkan kelompok intervensi dan kelompok kontrol pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah intervensi pada masing-masing kelompok. Metode pengambilan sampel diambil secara nonprobability sampling menggunakan teknik purposive samplings sampel dalam penelitian ini adalah 16 responden yang terdaftar di puskesmas Bentar. Analisis yang digunakan menggunakan uji t-berpasangan.

Hasil uji statistik pengukuran tekanan darah sebelum dan sesudah diberikan terapi air rebusan buah mahkota dewa pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol diperoleh significancy sebesar 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan ada pengaruh pemberian air rebusan buah mahkota dewa terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Bentar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.
hipertensi
Tekanan darah
buah mahkota dewa

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=824
APA Citation
Noto Siswanto. (2015). PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN BUAH MAHKOTA DEWA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA BENTAR KECAMATAN SALAM KABUPATEN BREBES TAHUN 2015. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/