Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Karakteristik Responden (Umur, Jenis Kelamin, Tingkat Pengetahuan, Pangalaman Operasi) dan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi ORIF Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto

XML
Pengarang
Novita Dewi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pembedahan merupakan suatu stresor yang bisa menimbulkan rasa cemas. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan preoperasi meliputi usia, status kesehatan jiwa dan fisik, nilai budaya dan spiritual, tingkat pendidikan, respon koping, dukungan sosial (keluarga), pengalaman masa lalu, pengetahuan, jenis kelamin, dan tipe kepribadian. Rata-rata pasien fraktur yang dioperasi di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto sebanyak 60 pasien per bulan.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik responden dan dukungan keluarga, dengan tingkat kecemasan pasien pre operasi ORIF di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, dengan jumlah sampel 30 responden. Instrument untuk mengukur kecemasan menggunakan BAI (Beck Anxiety Inventory). Uji korelasi yang digunakan adalah Spearman rank dan Chi square.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan dukungan keluarga berhubungan dengan tingkat kecemasan pasien preoperasi ORIF, masing-masing memperoleh r hitung =-0,369 p value = 0,045, p value = 0,01, r hitung =0399 p value = 0,029, r hitung =-0,429 p value = 0,047. Tidak ada hubungan antara pengalaman operasi dengan tingkat kecemasan preoperasi ORIF, dengan p value = 0,218.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan dukungan keluarga dengan kecemasan preoperasi ORIF, dan variabel yang tidak berhubungan adalah pengalaman operasi.
Dukungan Keluarga
ORIF
Kecemasan preoperasi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=831
APA Citation
Novita Dewi. (2012). Hubungan Karakteristik Responden (Umur, Jenis Kelamin, Tingkat Pengetahuan, Pangalaman Operasi) dan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi ORIF Di RSUD Prof. Dr. Margono Soekardjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/