Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Hipertensi di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Nur Arifah Kurniasih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Penyakit hipertensi hampir selalu dikaitkan dengan perubahan gaya hidup atau pola hidup, dimana dalam pola hidup moderen atau berlebih seperti: kerja keras dalam situasi penuh tekanan, stress berkepanjangan, pola makan yang salah, serta berat badan yang berlebihan (obesitas), sebagai faktor pencetus penyakit hipertensi yang harus bisa dikendalikan agar tidak terjadi hipertensi lanjut dan komplikasi (Sharma, 2008).

Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dengan terjadinya hipertensi di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.

Metode penelitian menggunakan metode observasi analitik dengan pendekatan case control study, uji statistik bivariat dengan menggunakan Odd Ratio. Populasi dalam penelitian ini seluruh jumlah pasien penyakit dalam di ruang rawat inap penyakit dalam yang terbagi menjadi populasi kasus dan kontrol dengan menggunakan teknik accidental sampling. Besarnya sampel dari kelompok kasus 33 responden dan kelompok kontrol sebanyak 66 responden.

Pada analisa bivariat diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang bermakna antara pola makan dengan kejadian hipertensi di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga (X2 hitung = 12,157> X2 tabel = 3,84 dan nilai p = 0,000 < a = 0,05 dan nilai OR= 5,714).

Sebagian besar responden pada penelitian ini memiliki tekanan darah yang normal (kelompok kontrol), yaitu sejumlah 66 orang (66,7%) dan sebagian kecil memiliki tekanan darah tinggi (kelompok kasus), yaitu 33 orang (33,3%). Sebagian besar responden memiliki pola makan yang berisiko mengalami hipertensi, yaitu sejumlah 52 orang (52,5%) dan sebagian kecil memiliki pola makan yang tidak berisiko hipertensi, yaitu 47 orang (47,5%).

Daftar pustaka dengan menggunakan 36 sumber bacaan dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2010.
kejadian hipertensi
Pola makan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=839
APA Citation
Nur Arifah Kurniasih. (2012). Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Hipertensi di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/