Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi (Taks) Terhadap Kemampuan Komunikasi Verbal Klien Isolasi Sosial Di Rsud Banyumas

XML
Pengarang
Nur Kholik - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Isolasi sosial merupakan gangguan hubungan interpersonal yang terjadi akibat adanya kepribadian yang tidak fleksibel, sehingga menimbulkan perilaku maladaptif dan mengganggu fungsi seseorang dalam berhubungan. Terapi aktivitas kelompok sosialisasi (TAKS) adalah upaya memfasilitasi kemampuan sosialisasi sejumlah klien dengan masalah hubungan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pengaruh terapi aktivitas kelompok sosialisasi terhadap kemampuan pasien berinteraksi sosial.

Penelitian ini menggunakan rancangan one group pretest-postest design, dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling terhadap 10 responden. Analisa data dengan uji “paired sample t test. Pengolahan data menggunakan program komputer SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi verbal responden sebelum TAKS yaitu 7 orang (70%) dalam kategori tidak mampu, sedangkan 3 orang (30%) dalam kategori mampu. Kemampuan komunikasi verbal klien isolasi sosial setelah TAKS yaitu 6 orang (60%) dalam kategori mampu, sedangkan 4 orang (40%) dalam kategori tidak mampu.

Hasil analisa menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari TAK Sosialisasi terhadap kemampuan komunikasi verbal dengan p = 0,001.
Terapi Aktifitas Kelompok Sosialisasi
Komunikasi Verbal
Isolasi Sosial

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=860
APA Citation
Nur Kholik. (2014). Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi (Taks) Terhadap Kemampuan Komunikasi Verbal Klien Isolasi Sosial Di Rsud Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/