Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tenaga Kerja Dalam Penggunaan Masker Dengan Kejadian Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pada Pekerja Bongkar Muat Batu Bata Di Desa Karang Kedawung Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun 2014

XML
Pengarang
Nurlaeli Kurniati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pengukuran kadar debu di lingkungan kerja menjadi sangat penting karena tingkat pajanan mempengaruhi kesehatan paru. Dari hasil pra-survey yang telah dilakukan pada pekerja bongkar muat batu bata di Desa Karang Kedawung Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, dengan 8 orang pekerja 75% tersebut tidak memakai alat pelindung diri pernafasan (masker), dikarenakan pihak atasan memang tidak menyediakan alat pelindung diri (masker). Pekerja bongkar muat batu bata tidak mau tahu pentingnya pemakaian APD masker.

Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap tenaga kerja dalam penggunaan masker dengan kejadian penyakit ISPA pada pekerja bongkar muat batu bata.

Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional, dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Pengumpulan data di lakukan dengan cara quesioner. Analisis data secara univariat, bivariat dan multivariat.

Dari penelitian ini didapatkan nilai elastisitas koefisien regresi variabel tingkat pengetahuan tentang masker (E1) -3,230 lebih besar dari nilai elastisitas koefisien regresi variabel sikap terhadap APD Masker (E2) -1,791, maka dapat dinyatakan bahwa ingkat pengetahuan tentang masker lebih berpengaruh terhadap kejadian ISPA, jika dibandingkan dengan sikap terhadap APD Masker.

Terdapat hubungan tingkat pengetahuan dan sikap tenaga kerja dalam penggunaan masker dengan kejadian penyakit ISPA pada pekerja bongkar muat batu bata di desa karang kedawung kecamatan sokaraja kabupaten banyumas tahun 2014.
sikap
pengetahuan
Penyakit ISPA

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=861
APA Citation
Nurlaeli Kurniati. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tenaga Kerja Dalam Penggunaan Masker Dengan Kejadian Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pada Pekerja Bongkar Muat Batu Bata Di Desa Karang Kedawung Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/