Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia Di Desa Melung Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Banyumas Tahun 2013

XML
Pengarang
Nurman Khairudin - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Usia lanjut merupakan keadaan saat tubuh mengalami banyak perubahan seperti perubahan fisik, mental, psikologis dan munculnya penyakit. Perubahan-perubahan itu dapat menyebabkan keterbatasan untuk melakukan aktifitas dan menjadi berkurangnya kualitas dukungan keluarga yang diterima lansia.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kejadian depresi pada lansia. Jenis penelitian ini adalah deskriptis kolerasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling terhadap 74 lansia di Desa Melung Kabupaten Banyumas. Variabel yang diukur adalah dukungan keluarga dan kejadian depresi pada lansia. Uji statistik menggunakan che-square.

Hasil analisis menunjukan nilai pvalue= 0,001 lebih kecil dari α (0,05) jadi adanya hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat depresi pada lansia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik dukungan keluarga yang diterima lansia, maka semakin rendah tingkat depresi yang dialami lansia tersebut.
Dukungan Keluarga
lansia
Tingkat Depresi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=864
APA Citation
Nurman Khairudin. (2013). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia Di Desa Melung Kecamatan Kedung Banteng Kabupaten Banyumas Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/