Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SADARI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU SISWI DALAM DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI SMK N 1 PURWOKERTO

XML
Pengarang
Oktaviana Nurvikasari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

SADARI adalah pemeriksaan payudara sendiri yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kanker dalam payudara wanita. Hampir 85% benjolan payudara ditemukan oleh penderita sendiri. Angka kejadian kanker payudara di Banyumas setiap tahun mengalami penurunan tahun 2011 ditemukan 13.871 kasus, menurun 15,89% di tahun 2012, dan menurun drastis di tahun 2013 hampir 100%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang SADARI terhadap pengetahuan dan perilaku siswi dalam upaya deteksi dini kanker payudara di SMK N 1 Purwokerto.

Jenis penelitian ini adalah pra eksperimental design tanpa menggunakan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini yaitu 32 siswa putri kelas X di SMK N 1 Purwokerto. Sampel penelitian ini yaitu 26 siswa putri yang diambil menggunakan rumus slovin.

Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang SADARI terhadap pengetahuan dan perilaku siswi dalam upaya deteksi dini kanker payudara. Hasil analisis untuk pengetahuan diperoleh nilai p value = 0.000 (p<0.05). Hasil analisis untuk perilaku diperoleh nilai p value = 0.000 (p<0.05).

Pendidikan kesehatan tentang SADARI memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan perilaku siswi dalam upaya deteksi dini kanker payudara.
pengetahuan
perilaku
pendidikan kesehatan
Kanker Payudara
SADARI

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=878
APA Citation
Oktaviana Nurvikasari. (2015). PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SADARI TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU SISWI DALAM DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DI SMK N 1 PURWOKERTO. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/