Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pemberian Ekstrak Mengkudu Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Desa Baleraksa Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga

XML
Pengarang
Panggih Pangestu - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang: Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering disebut sebagai pembunuh diam-diam atau “ The Silent Killer “ karena penderita tidak tahu bahwa dirinya menderita hipertensi. Hipertensi merupakan penyebab utama terjadinya gagal jantung, stroke, serangan jantung, gagal ginjal serta penyakit cerebrovaskuler. Salah satu pengobatan herbal adalah dengan menggunakan ekstrak mengkudu yang mengandung Scopoletin yang berfungsi memperlebar saluran darah yang mengalami penyempitan, sehingga aliran darah lancar dan tekanan darah akan turun.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak mengkudu terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Baleraksa Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain pretest-posttest with control grup, dengan jumlah responden sebanyak 16 orang terdiri dari 8 orang sebagi kelompok intervensi dan 8 orang sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data diambil dengan pengukuran tekanan darah sebelum dan sesudah pemberian ekstrak mengkudu, dengan menggunakan spygmomanometer digital. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon, U Mann Whithey, T independent dan T dependent.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan tekanan darah antara kelompok intervensi dan kontrol setelah mengkonsumsi ekstrak mengkudu dengan nilai p value 0,000 <α (0,05).

Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara pemberian ekstrak mengkudu dengan penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Baleraksa Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.
hipertensi
Tekanan darah
Ekstrak Mengkudu

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=883
APA Citation
Panggih Pangestu. (2014). Pengaruh Pemberian Ekstrak Mengkudu Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Desa Baleraksa Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/