Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Waktu Pemberian Makanan Pengganti Air Susu Ibu Dengan Kejadian Diare Di Wilayah Kerja Puskesmas Warungpring Kabupaten Pemalang Tahun 2013

XML
Pengarang
Presti Putriyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Riset Kesehatan Dasar (Rikesdas) tahun 2008, menunjukan bahwa bayi yang mendapatkan MP-ASI sebelum usia enam bulan, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-pilek, dan panas dibandingkan bayi yang hanya mendapatkan ASI eksklusif dan mendapatkan MP-ASI dengan tepat waktu (usia pemberian MP-ASI setelah enam bulan). Angka Kematian Balita (AKABA) Provinsi Jawa Tengah tahun 2011 sebesar 11.50/1.000 kelahiran hidup. Faktor penyebab kematian tertinggi pada balita adalah diare. Penemuan penderita diare di Provinsi Jawa Tengah tahun 2011 sebesar 57,89%, masih dibawah target Standar Pelayanan Minimal (SPM) (100%), terendah 7,44% (Kabupaten Cilacap) dan tertinggi 132,49% (Kabupaten Pemalang).


Tujuan : Untuk mengetahui apakah ada hubungan waktu pemberian makanan pengganti air susu ibu dengan diare di wilayah kerja Puskesmas Warungpring.


Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan metode Analitik dengan menggunakan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas dan terikat, yaitu pada penelitian ini variabel bebasnya adalah usia awal pemberian MP-ASI. variabel terikatnya adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Pada penelitian ini variabel terikatnya adalah diare. Instrumen penelitian menggunakan master tabel. Analisa statistik menggunakan uji chi-sequare.


Hasil dan Simpulan : Berdasarkan Tabel dapat diketahui nilai ρ-value adalah 0,001, dengan taraf signifikan 5% nilai α adalah 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ρ-value (0,001) <α (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada hubungan usia awal pemberian makanan pengganti Air Susu Ibu (ASI) dengan kejadian diare.
kejadian diare
MP-ASI
Waktu pemberian

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=888
APA Citation
Presti Putriyani. (2013). Hubungan Waktu Pemberian Makanan Pengganti Air Susu Ibu Dengan Kejadian Diare Di Wilayah Kerja Puskesmas Warungpring Kabupaten Pemalang Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/