Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

EFEKTIFITAS NEBULIZER MESIN DAN NEBULIZER OKSIGEN TERHADAP PENINGKATAN KONDISI PERNAPASAN PASIEN ASMA DAN PPOK DI RSUD dr R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

XML
Pengarang
Prihatiningrum Setiyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pasien Asma dan PPOK itas antara nebulizer mesin dan nebulizer oksigen terhadap peningkatan kondisi di RSUD dr R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga khususnya di ruang penyakit dalam dewasa, hampir semuanya mengalami peningkatan kondisi pernapasan RR dan SaO2 dan mendapatkan terapi nebulizer, yang digunakan alat nebulizer oksigen karena keterbatasan alat.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektif pernapasan RR dan SaO2 pada pasien asma dan PPOK.

Penelitian ini bersifat kuasi eksperimental (eksperimen semu) dengan pendekatan pre and post test group design. Analisis data dilakukan secara ststistik dengan membandingkan rerata RR dan SaO2 sebelum dan sesudah dilakukan terapi kelompok nebulizer mesin dan kelompok nebulizer oksigen dan dianalisis dengan uji t-berpasangan dan uji t-2 sample bebas. Besar sample yang diperoleh adalah 18 pasien, 9 pasien asma dan 9 pasien dengan PPOK, dengan teknik acidental sampling.

Hasil kelompok dari nebulizer mesin terjadi peningkatan rerata RR 0,6 point, dan penurunan rerata SaO2 3,3 point. Kelompok dengan nebulizer oksigen terjadi penurunan rerata RR 0,7 point dan peningkatan SaO2 2 point. Analisis perbedaan RR dan SaO2 sesudah nebulizer mesin dan nebulizer oksigen didapat p value>α 0,05. Analisis perbedaan dari nebulizer antara mesin dan oksigen didapat: RR p value>α, SaO2 p value <α.

Kesimpulan tidak ada perbedan RR sebelum dan sesudah diberi terapi nebulizer mesin dan nebulizer oksigen.

Tidak ada perbedaan SaO2 sebelum dan sesudah diberi terapi nebulizer oksigen.

Tidak ada perbedaan RR dan SaO2 sesudah diberi nebulizer mesin maupun nebulizer oksigen., tapi ada perbedaan SaO2 setelah diberi nebulizer antara kelompok nebulizer mesin dengan nebulizer oksigen.
Respirasi Rate
Saturasi Oksigen
nebulizer mesin
nebulizer oksigen

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=890
APA Citation
Prihatiningrum Setiyani. (2015). EFEKTIFITAS NEBULIZER MESIN DAN NEBULIZER OKSIGEN TERHADAP PENINGKATAN KONDISI PERNAPASAN PASIEN ASMA DAN PPOK DI RSUD dr R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/