Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Efektivitas Terapi Bermain Boneka Tangan dengan Terapi Bermain Puzzle terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Usia (6-10 Tahun) yang mengalami Hospitalisasi di RSUD Banyumas

XML
Pengarang
Puji Ambarwati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan perawat untuk mengurangi kecemasan pada anak yang dirawat di Rumah Sakit adalah dengan terapi bermain sesuai tumbuh kembang anak serta melibatkan orangtua dalam pemberian terapi bermain selama anak dirawat di Rumah Sakit (Nursalam, 2005)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi bermain boneka tangan dengan terapi bermain puzzle terhadap penurunan tingkat kecemasan anak yang mengalami hospitalisasi di RSUD Banyumas tahun 2012.

Penelitian ini menggunakan metode observasi Quasi Eksperiment. Pengumpulan data dilakuan dengan menggunakan kuesioner terhadap sampel sejumlah 52 responden, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Uji statistik untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian terapi bermain: terapi bermain boneka tangan dengan terapi bermain puzzle terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak usia sekolah (6-10 tahun) adalah uji two group pre and post design.

Penelitian ini menunjukan ada pengaruh pemberian terapi bermain : bermain boneka tangan dengan bermain puzzle terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak usia sekolah (6-10 tahun). Adanya perbedaan penurunan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan dengan hasil nilai p = 0,000 (p≤α = 0,05)
Hospitalisasi
Kecemasan pada anak
permainan boneka tangan
permainan puzzle

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=893
APA Citation
Puji Ambarwati. (2012). Efektivitas Terapi Bermain Boneka Tangan dengan Terapi Bermain Puzzle terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Usia (6-10 Tahun) yang mengalami Hospitalisasi di RSUD Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/