Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH KNEE EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI SENDI LUTUT PADA LANSIA DI DESA KUTAYU KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES

XML
Pengarang
Puji Astuti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Lanjut usia akan mengalami kemunduran fungsi dari berbagai sistem, termasuk pada sistem muskuloskeletal yang ditandai dengan adanya nyeri didaerah persendian salah satunya sendi lutut. Data laporan Riskesdas 2013 menyebutkan bahwa persentase lansia yang menderita penyakit sendi di Indonesia adalah 24,7% pada wanita lansia 13,4% dan pria lansia 11,3%. Menurut Nugroho (2008) hampir 8% orang yang berusia 50 tahun keatas mempunyai keluhan pada sendinya, terutama linu, pegal dan kadang-kadang terasa sangat nyeri. Nyeri sendi adalah suatu peradangan sendi yang ditandai dengan pembengkakan sendi, nyeri dan terjadinya gangguan gerak sehingga mengakibatkan lansia tidak beraktivitas dengan nyaman dan sering untuk berdiam diri. Salah satu upaya untuk mengurangi nyeri sendi lutut dengan terapi non farmakologi yaitu dengan knee execise.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh knee exercise terhadap penurunan nyeri sendi lutut pada lansia. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimental dengan pendekatan one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia baik laki-laki maupun perempuan di Desa Kutayu Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling dan diperoleh responden berjumlah 34 responden. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan p=0.000 <α=0.05. Diartikan terdapat pengaruh knee exercsie terhadap penurunan nyeri lutut pada lansia di Desa Kutayu Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes.
lansia
nyeri sendi lutut
knee exercise

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=894
APA Citation
Puji Astuti. (2015). PENGARUH KNEE EXERCISE TERHADAP PENURUNAN NYERI SENDI LUTUT PADA LANSIA DI DESA KUTAYU KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/